Selasa, 26 Juli 2016

PENTING!!! Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

Jika anda mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat kulit buah naga ini, maka mungkin anda akan menyesal jika anda telah membuangnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas informasi mengenai manfaat dari kulit buah naga bagi kesehatan. Pada saat anda mengkonsumsi buah naga, mungkin anda sering membuang kulit dari buah yang bersisik ini. Namun, setelah mengetahu info ini mungkin anda akan berpikir ulang untuk membuangnya, karena dapat dijadikan sesuatu yangbermanfaat bagi kesehatan kita yaitu dengan menjadikannya teh kulit buah naga.
Kulit Buah Naga
Buah naga atau lebih dikenal dengan nama dragon fruit ini memiliki daging buah yang sangat tebal dan memiliki biji yang sangat kecil-kecil dalam jumlah yang cukup banyak. Buah ini memiliki tekstur kulit yang sangat unik dengan warna yang cantik, yaitu kulitnya bersisik-sisik menyerupai kulit naga.
Nah, untuk anda yang ingin tahu lebih lanjutnya mengenai manfaat dari kulit buah naga. Langsung saja simak informasinya dibawah berikut ini.

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan

  • Menjaga dan Melindungi Fleksibelitas Pembeluh Darah
Kulit  buah naga mengandung zat aktif yang mampu menjaga dan melindungi fleksibelitas pada pembeluh darah. Selain mampu memelihara kelenturan pada pembuluh darah, ternyata masih banyak lagi ragam manfaat lainnya dari kulit buah tersebut. Apa sajakah? langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.
  • Mampu Menghambat Pertumbuhan Tumor
Buah dan kulit buah naga memliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya dapat menghambat pertumbuhan. Tumor merupakan suatu jenis penyakit yang berbahaya dan sangat mematikan jika tidak segera dilakukan tindakan medis, jika tomur tersebut tidak segera di obati maka dapat berpotensi menjadi kanker yang sangat mematikan. Oleh karena itu, segera hambat pertumbuhan tumor dengan rutin mengkonsumsi daging buah naga dan teh yang terbuat dari kulit buah tersebut.
  • Dapat Melembabkan dan Menghaluskan Kulit
Sering terpapar sinar matahari, polusi, debu diluar rumah pastinya hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang dapat memicu berbagai masalah kulit. Untuk menjaganya agar tetap lembab dan sehat, maka anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami dari kulit buah naga. Caranya sangatlah mudah, anda hanya cukup mengkonsumsi teh kulit buah naga secara rutin dan teratur.
  • Dapat Mendeteksi Kandungan Borak & Formalin pada Makanan
Keberadaan borak dan formalin pada makanan kini semakin menghawatirkan. Bagaimana tidak, karena kedua bahan kimia ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika masuk kedalam tubuh. Borak dan formalin merupakan zat kimia berbahaya yang tidak diizinkan untuk dicampurkan kedalam makanan. Untuk mencegah dan mengatasinya, kulit buah ini mampu mendeteksi kandungan borak dan formalin tersebut.
  • Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Kanker merupakan jenis penyakit berbahaya yang mematikan  dan merupakan penyebab angka kematian tertinggi diberbagai negara, salah satunya indonesia. Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat, namun juga kandungan senyawa aktif pada kulit buah tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan rutin mengkonsumsi daging dan kulit buah naga secara rutin dan teratur, hal ini dapat menekan resiko pertumbuhan sel kanker pada tubuh sekaligus menekan angka kematian.
  • Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah
Bagi para penderita diabetes, ini dapat menjadi alternatif untuk menurunkan kadar gula darahnya. Cukup dengan menyeduh teh kulit buah naga setiap hari dan rutin.

Pengolahan Kulit Buah Naga

Ada berbagai macam pengolahan kulit buah naga diantaranya yaitu bisa dijadikan selai, manisan basah/kering, teh, dodol, tumis/masakan, dan bisa juga dijadikan yoghurt seperti yang dilakukan oleh mahasiswa mahasiswa UNY.
Teh buah naga
Teh buah naga

Cara Membuat Teh Kulit Buah Naga

Cara termudah dalam pengolahannya yaitu dengan dijadikan teh kulit buah naga. Adapun caranya cukup mudah yaitu: Iris kecil-kecil kulit buah naga lalu jemur sampai kering. Setelah kering siap diseduh dengan air panas, seperti membuat teh biasa. Adapun efeknya yaitu sering bolak balik ke wc untuk buang air kecil.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsinya, karena dikhawatirkan anda memiliki alergi terhadap salah satu zat yang terkandung di dalam kulit buah naga ini.
Semoga informasi sederhana diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya dan sampai jumpa kembali dalam pembahasan menarik selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar